Rabu, 30 November 2016

Cara Publikasi Blog/Web di Mesin Pencari


Tujuan kita membuat blog tentu supaya tulisan/postingan kita bisa di baca oleh banyak orang, dan tentunya perlu usaha dari pemilik blog untuk mem-publikasikannya supaya dikenal orang dan banyak di kunjungi.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempublikasikan blog, antara lain biasakan/ rajin-rajinlah blogwalking atau sering mengujungi blog orang lain dan kasih coment, ataupun mendaftarkan ke berbagai agregator dan yang paling efektif melalui mesin pencari atau Search Engine.
Kita tahu mesin pencari jumlahnya sangat banyak tapi yang paling populer/terkenal dan banyak digunakan didunia internetan adalah Google, Yahoo dan Msn, jika kita ingin blog kita terindeks oleh mesin pencari, tentunya kita harus mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari/Search Engine tersebut, bila ada yang masih awam (pemula) dalam hal : cara mendaftar pada layanan tersebut, silahkan simak tulisan berikut :
• Daftar di Google
Untuk mendaftar ke google, silahkan anda klik http://www.google.com/addurl/, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan
1. URL –> Isi dengan URL blog sobat.
2. Comments –> Isi dengan keyword/kata kunci yang berhubungan dengan blog tsb
3. Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
4. Klik tombol Add URL
5. Selesai.
Setelah melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak serta merta blog sobat terindeks pada mesin pencarinya, akan tetapi memerlukan 3 sampai 4 minggu baru blog bisa terindeks (bagi yang beruntung bisa kurang dari itu) . Jika sudah 3 sampai 4 minggu, maka cobalah ketik/masukan alamat blog anda pada mesin pencari google, apakah sudah terindeks atau belum?, jika belum, coba tunggu beberapa hari dan daftarkan lagi seperti langkah2 di atas.
• Daftar di Yahoo
Untuk mendaftar ke yahoo! silahkan anda klik https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Tetapi terlebih dahulu harus mempunyai account yahoo ( bagi yang belum mempunyai account /email di Yahoo silahkan buat dulu), bagi yang sudah ada langsung bisa login dengan username serta passwordnya. Apabila sudah login, silahkan isi kolom tersebut dengan URL blog anda, kemudian klik tombol Add URL, .....selesai. Jika ingin memasukan alamat feed sekalian, Anda bisa memasukannya. Ingat, alamat feed di blogger hanya tinggal menambahkan atom.xml di belakang URL blog anda. Contoh : untuk blog kami penulisan alamat feed sebagai berikut :
http://ketikatuhantersenyum.blogspot.com/atom.xml
Daftar di Msn
Untuk daftar ke Msn, silahkan anda klik http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 isi huruf verifikasi dan URL pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Submit URL,.......selesai.
Selamat mencoba, semoga berhasil !!!


*http://ketikatuhantersenyum.blogspot.co.id/2010/05/cara-publikasi-blogweb-di-mesin-pencari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar